Ciri - Ciri Sakit Kepala Karena Kanker Otak

Sakit kepala biasanya muncul karena stres, migrain dan sinusitis,oleh sebab itu kebanyakan orang menganggap sakit kepala merupakan sakit ringan tanpa mengenali lebih dalam tentang sakit kepala mereka.Padahal sakit kepala bisa terjadi karena adanya pembekakan pada otak alias tumor. Memang sekitar 99 persen sakit kepala yang dirasakan oleh masyarakat bukanlah akibat kanker.Namun alangkah baiknya kita mengenali jenis penyakit kepala kita,agar kita terhindar dari penyakit tumor yang berbahaya. Berikut beberapa poin penting yang perlu diingat dan bisa dijadikan sinyal peringatan bagi seseorang untuk mengetahui apakah sakit kepala yang dialami merupakan gejala tumor otak atau bukan, yaitu:
  1. Sakit kepala yang dialami merupakan hal baru, jika sebelumnya tidak pernah merasakan sakit kepala atau sakit yang dialami berbeda dari biasanya maka kondisi ini bisa menjadi tanda peringatan.
  2. Sakit kepala yang muncul disertai dengan gejala lain, pasien tumor otak biasanya memiliki gejala lain selain sakit kepala seperi mual, pusing, muntah, hilang kesadaran atau tiba-tiba pingsan, kejang, kesulitan bicara, kelemahan pada tungkai atau masalah dengan penglihatan tepi.
  3. Sakit kepala diawali ketika bangun di pagi hari, biasanya sakit kepala mulai di pagi hari yang seringkali disertai dengan mual dan muntah. Sedangkan sakit kepala yang dialami di pagi hari lalu semakin parah sepanjang hari biasanya bukan akibat tumor otak melainkan karena tekanan sehari-hari.
  4. Sakit kepala yang semakin memburuk, sakit kepala yang muncul semakin lama semakin sering selama periode hari, minggu atau bulan. 
 Sumber Depkes.go.id